Aku dan menggambar.

Hobi. Mungkin ini yang disebut hobi.
Hobi yang tidak disadari.
Aku tidak tau sejak kapan pastinya aku suka menggambar.. Namun seingatku, sudah sejak lama ketika aku masih duduk di bangku SMP, aku sering mencorat-coret buku pelajaranku.
Iya.. mencorat-coret. Belum menggambar.
Berawal dari goresan-goresan pensil yang random hingga akhirnya aku membentuk sebuah gambar yang random pula.
Ku katakan itu mencorat-coret bukan menggambar karena menurutku menggambar ialah ketika aku benar-benar berniat untuk membentuk suatu gambar di alas gambarku (alas gambar itu bisa kertas, karton, kardus, koran, atau apapun), sedangkan mencorat-coret adalah ketika aku hanya secara random menggoreskan pensilku tanpa ada tujuan untuk membentuk suatu gambar. Well, basicly it’s about niat sih..
Yang ku ingat, gambar yang pertama kali terbentuk secara tidak sengaja dan mengesankan diriku sendiri (narsis nih ceritanya?) adalah gambar komik seorang wanita hamil. Masih gambar komik loh.. bukan gambar real.
Dan seiring berjalannya waktu, semakin sering aku mencorat-coret, semakin banyak gambar-gambar yang terbentuk, maka berubahlah “mencorat-coret” itu menjadi “menggambar”.
Yap! Ketika aku sedang bosan dengan celotehan guru di kelas, aku akan beralih ke alas gambarku, apapun itu benda yang bisa aku jadikan alas gambar. Aku pun menggambar.
Hal itu pun berlangsung sampai aku masuk ke dunia perkuliahan.
Masuk ke dunia perkuliahan, minatku dalam menggambar berubah. Jika sebelumnya aku suka menggambar objek dalam bentuk komik, kini di dunia perkuliahan aku lebih suka menggambar objek real.
Hampir selama 3 semester aku mencoba MENIRU gambar dua dimensi alias foto atau apapun itu.
Meniru.. ya! Meniru.
Awalnya kupikir meniru itu akan menjadi proses pelatihanku dalam meningkatkan kemampuan menggambar. Namun ternyata, yang terjadi adalah tidak seperti yang aku pikirkan.
Aku justru kehilangan kepercayaan diri.
Mengapa? Karena aku hanya bisa meniru.
Aku hanya bisa membuat gambar dua dimensi dari gambar dua dimensi lainnya yang sudah ada. Aku tidak mampu menuangkan apa yang diliat langsung oleh mata dan diproses oleh otak kedalam sebuah gambar goresan tanganku sendiri.
Ya. Aku kehilangan kepercayaan diri..
Aku pun berhenti menggambar.
 
Dan ini semua tiruan.
 
Puncaknya aku berhenti menggambar dan titik balik aku kembali menggambar adalah ketika aku menonton sebuah film yang disodorkan oleh temanku.
Taare Zameen Par. Itulah film yang membuatku tersadar dan kembali menggambar lagi.
Taare Zameen Par. Every child is special.
Di film itu, anak kecil si pemeran utama ternyata mempunyai hobi yang sama denganku, yaitu menggambar. Apakah gambarnya bagus? Ya dan tidak. Tapi, salah satu gambarnya yang “jelek” itulah yang membuatku tersadar.
Oke, memang benar aku tidak bisa menggambar dengan bagus, apalagi tanpa meniru.. :\
Tapi apa sih masalahnya? Apakah masalah kalau aku tidak bisa menggambar dengan bagus??
Menggambar itu bukanlah tentang bagus atau jeleknya gambar yang kita buat.
Menggambar itu lebih ke tentang ekspresi diri.
Tidak masalah jika gambar yang kita buat itu jelek, karena hasil gambar itu tergantung dari bagaimana kita melihat, memproses, dan mengekspresikan sebuah objek ke dalam bentuk goresan tangan.
Yap! Seperti kata guru seni dalam film itu juga, “If kids don’t express emotions in an art class, where will they?” (Jika anak-anak tidak meluapkan emosinya di kelas seni, dimana mereka akan melakukannya?)
 
Eventhough it’s not THAT awesome, but still.. it’s about how to express yourself.
 
Dan thanks to Allah..
Minat gambarku sudah kembali lagi.
Kini aku pun mempunyai sebuah target baru.
Jika dulu aku selalu menggambar menggunakan pensil, kini aku punya target untuk belajar menggambar dengan warna. 🙂
Tolong doakan saja.. 😀
Psssstt.. click here to see another drawing of mine.
10 thoughts on “Aku dan menggambar.

Leave a Reply

