Aku dan sifatku.

Sebel.
Satu kata yang gue rasain saat ini.

Sebel.
Ketika gue membaca sebuah pesan masuk di handphone gue, “Ohiya bek, gue lupa ngasih tau. Blablablabla…”
Inti pesan itu adalah akan ada sebuah acara di hari dan di jam sama dimana gue sudah merencanakan kegiatan gue yang lain dengan beberapa temen gue.

Sebel.

Gue bukan orang yang perfeksionis, tapi gue paling benci kalo rencana gue terancam gagal (dan biasanya emang bakalan gagal) karena ulah manusia-manusia lainnya. Ntah karena keteledoran orang lain, atau karena keegoisan orang lain.
Dan sifat gue ini udah ada sejak gue SD. Kok inget??
Iyalah! Gimana gue ngga inget.. Pertama kalinya plan gue ngga berjalan sesuai rencana (waktu itu rencana karya wisata), itu karena nyokap ngelarang gue ikut dengan alasan gue baru operasi kaki. (okay, dalam hal ini emang gue yang harus nurut.)

Dan saat itu, ketika plan gue ngga berjalan sesuai rencana, gue menangis. Di tempat tidur. Sendirian. Ngambek lebih tepatnya. Sampe akhirnya nyokap gue dateng meluk gue di tempat tidur dan bilang ke gue, “Ngga semua yang kamu rencanakan itu berjalan sesuai rencana sayang. Manusia hanya berencana, dan ALLAH lah yang menentukan.”
Oke, makin kejer lah tangisan gue. Kesel.

Beberapa saat lalu pun ada kejadian dimana suatu hal tidak berjalan sesuai dengan rencana gue. Dan gue? Lagi-lagi kesel setengah mampus.
Tapi tiap kali sifat gue itu kumat, gue selalu teringat kata-kata emak gue bertahun-tahun lalu itu.
Ngga semua hal berjalan sesuai rencana. Manusia hanya berencana, sedangkan ALLAH lah yang menentukan.
Well, okay.

Gue tau, dalam mengatasi sifat gue yang ini, gue harus BELAJAR IKHLAS.
That’s why ketika sifat gue itu kumat, gue selalu menenangkan hati gue dengan berkata, “Belajar ikhlas, Bek!”
Gue berusaha untuk ikhlas, meskipun tidak mudah.
Gue juga selalu mengingat dan berusaha meyakinkan diri gue bahwa dibalik semua ini (dibalik tidak berjalannya rencana gue sesuai harapan) pasti akan ada hal positif lainnya yang akan membuat gue bersyukur diakhir nanti.

Well..
At least..
I’m trying to be better.
:\

Leave a Reply

